Tips Jitu Buat Yang Tengah Mencari Jodoh

Perjalanan panjang sering ditempuh untuk mendapatkan jodoh hingga tak jarang menyisakan luka mendalam. Saat ini, Anda pasti bertanya-tanya siapakah kelak yang menjadi pasangan hidup? 

Untuk semakin mendekatkan diri dengan kehadiran pasangan, berikut 10 hal yang bisa dilakukan. Sebaiknya tidak terburu-buru dalam menentukan belahan jiwa. Terkadang, faktor lain seperti usia yang semakin dewasa menjadi salah satu alasan yang mendorong diri untuk segera mencoba mencarinya. 

Namun, menentukan jodoh bukan perkara mudah karena Anda harus selektif memilih pasangan yang nantinya akan menemani seluruh sisa hidup.  Terlebih lagi, jika harus menemukan satu dari ratusan orang, prosesnya pasti akan sangat panjang dan membingungkan. Berikut 10 tips untuk menemukan jodoh.

Tentukan Kriteria yang sesuai visi dan misi 
Yang pertama harus dilakukan mengetahui secara pasti kriteria calon pasangan yang ideal dan semua mimpi ke depannya.  Ketahui semua kualitas yang diinginkan dari calon pasangan hidup. Meskipun membuat daftar kriteria calon pasangan terkesan membuang-buang waktu dan konyol, cinta berjalan secara misterius. Semakin dewasa, Anda tidak lagi jatuh hati karena paras yang rupawan saja.

Akan ada faktor lain yang dapat mempengaruhi daya tarik, seperti bagaimana ia memandang dunia, bahkan memperlakukan keluarganya. Ketahui apa yang diinginkan dan tuangkan ke dalam sebuah tulisan. Percaya atau tidak, menempatkan pikiran ke dalam kata-kata tertulis juga akan memungkinkan untuk mengamati secara visual sifat-sifat yang diinginkan dari pasangan dan dapat membantu membayangkan seperti apa pasangan ideal nantinya. 

Perluas jaringan 
Konsep jodoh yang misterius membuat Anda tidak tahu siapa dan di mana ia berada. Selain itu, jodoh juga tidak datang dengan sendirinya sehingga Anda perlu semakin memperluas langkah untuk menelisik di mana keberadaanya. Untuk menarik dan bertemu dengan belahan jiwa, Anda harus bersedia menunjukkan warna asli tanpa malu-malu dan takut konsekuensinya.  

Cintai diri terlebih dulu 
Anda tidak mungkin mendapatkan cinta jika tidak memiliki rumah di hati terlebih dulu, jadi pastikan untuk mencintai diri sendiri sekarang. Mungkin pertanyaan mulai terbersit, bagaimana caranya melakukan ini? Sederhana saja, mencintai diri sendiri dapat dilakukan mulai dari menerima, berbaik hati, dan menghargai diri sendiri. Perlu menjadi catatan, mencintai diri sendiri berbeda halnya dengan sombong atau arogan. Mencintai diri sendiri memiliki arti Anda cukup menghargai diri sendiri untuk memiliki kepercayaan pada segala potensi yang ada pada diri.  

Buat komitmen untuk memahami diri sepenuhnya 
Sama seperti mencintai diri sendiri, Anda tidak dapat memahami orang lain atau mengharapkan dia memahami Anda jika Anda belum melakukan refleksi mendalam.  Anda harus menggali lebih dalam dan mengungkap semua rahasia yang bahkan mungkin belum Anda ketahui tentang diri sebelumnya. Untuk menarik belahan jiwa, Anda harus menghargai dan menyadari orang seperti apa Anda, siapa Anda sekarang, dan tipe orang yang diinginkan.

Jangan menutup diri 
Akan sulit untuk bertemu pasangan jika Anda selalu menutup diri pada situasi atau peluang baru. Jika sering melakukan ini, berlatihlah untuk lebih membuka diri terhadap kehidupan. Cobalah keluar dari zona nyaman. Mulai lakukan hal yang disukai, bergabunglah dengan kelas dansa yang diimpikan, atau bahkan jangan sungkan untuk bertemu dengan teman baru dan makan siang bersama. Hidup dimaksudkan untuk dinikmati dan dijalani, jadi mulailah.

Dengarkan intuisi 
Anda akan bertemu orang-orang dengan cara yang paling aneh dan mengejutkan dan untuk menyadari kehadiran pasangan mengharuskan Anda untuk lebih peka dan mendengarkan intuisi. Dengarkan intuisi sesering mungkin karena hal itu akan membantu mengarahkan ke jalan hidup. 

Perhatikan tanda-tanda kecil yang dikirim alam
Terkadang, segala hal yang terjadi di dunia tak terlepas dari peran semesta. Sejauh apapun Anda melangkah, jika memang dialah jodoh pasti akan selalu dipertemukan dengan cara apapun.  Misalnya, selalu bertemu dengan orang yang sama. Hal tersebut mungkin saja sebuah pesan yang coba disampaikan semesta. Perhatikan tanda-tanda dan pesan-pesan ini karena ia bisa mengarahkan panah ke arah orang baru yang menarik dalam hidup. 

Membuka hati 
Jelas, untuk menarik pasangan ke dalam hidup, Anda harus menerima cinta yang ditawarkan dan juga menerima cinta yang diberikan orang lain.  Bahkan, jika telah terluka di masa lalu, janganlah menutup diri untuk mencintai. Belajar saja dari pengalaman masa lalu, terima dan akui rasa sakit, hal itu akan membawa Anda menjadi pribadi yang lebih baik. 

Percaya belahan jiwa akan datang pada waktu yang tepat 
Agar hal-hal positif terjadi dalam hidup, pertama harus percaya Anda pantas mendapatkannya dan memiliki keyakinan hal-hal baik butuh waktu untuk terwujud.  

Jangan melawan realitas 
Nikmati saja saat ini sebanyak mungkin meskipun hilal pasangan hidup belum terlihat. Jangan terlalu gusar, terutama jangan terlalu terjebak dengan apa yang akan terjadi di masa depan karena bagaimanapun juga masa depan bergantung pada hari ini. Hiduplah di masa sekarang dan Anda akan mulai belajar menikmati hidup dari sudut pandang saat ini dan Anda akan melihat rumput sudah hijau di tempat Anda berdiri, bukan hanya di seberang pagar.

Perjalanan panjang sering ditempuh untuk mendapatkan jodoh hingga tak jarang menyisakan luka mendalam. Saat ini, Anda pasti bertanya-tanya siapakah kelak yang menjadi pasangan hidup?  Untuk semakin mendekatkan diri dengan kehadiran pasangan, berikut 10 hal yang bisa dilakukan. Sebaiknya tidak terburu-buru dalam menentukan belahan jiwa. Terkadang, faktor lain seperti usia yang semakin dewasa menjadi salah satu alasan yang mendorong…